kota Sukabumi

Kamis, 05 Februari 2009

Rabu, 4 Februari 2009
SEBANYAK 20 ORANG WARGA BELAJAR PAKET C IKUT UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI

Sebanyak 20 orang warga belajar Paket C dari Sukabumi, Bogor dan Cianjur, mengikuti ujian masuk perguruan tinggi. Ujian tersebut, diselenggarakan Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, baru-baru ini. 

Kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, Yemmi Yohanni menjelaskan, proses seleksi bagi warga belajar Paket C masuk perguruan tinggi tersebut, sebagai salah bukti nyata pemerintah, dalam memperhatikan masyarakat, untuk memper-oleh sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan. 

Diharapkannya, dengan dilaksanakannya seleksi tersebut, dapat menambah kepercayaan diri para warga belajar di lembaga pendidikan non formal. Sebab dengan dilaksanakannya seleksi tersebut, para warga belajar di lembaga pendidikan non formal, tidak ada perbedaan dengan warga belajar di lembaga pendidikan formal, khususnya dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

Namun untuk lebih meningkatkan kepercayaan diri para warga belajar di lembaga pendidikan non formal, jatah untuk masuk ke perguruan tinggi agar ditambah. Sebab seperti yang dikatakan Kepala SKB UPTD Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, dari 300 orang warga belajar di Kota Sukabumi, yang mendapat jatah untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi hanya 5 orang. Padahal warga belajar yang lainnya pun, memiliki potensi yang cukup tinggi. 

Hal senada juga disampaikan Kepala SKB UPTD Dinas Pendidikan Kota Bogor, Rosmala, agar Pusat Pengembangan Pendidikan Non Formal Indonesia (P2PNFI) Regional 2 Jayagiri Bandung, menambah kuota bagi warga belajar non formal untuk masuk perguruan tinggi. Maksud dan tujuannya, untuk memacu sekaligus meningkatkan kepercayaan diri dan animo warga belajar, dalam menimba ilmu pengetahuan lebih tinggi lagi. Karena kebijakan untuk mengikuti identifikasi dan seleksi pembelajaran tutorial Paket C untuk melanjutkan ke perguruan tinggi tersebut, merupakan kebijakan P2PNFI Regional 2 Jayagiri Bandung, yang berada pada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Tidak ada komentar: