kota Sukabumi

Kamis, 30 Oktober 2008

SEBANYAK 30 SISWA SD DAN 20 SISWA SMP IKUT PELATIHAN

Sebanyak 30 siswa SD dan 20 siswa SMP se Kota Sukabumi anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS), Sabtu lalu, di Ruangan Pertemuan UPTD TK-SD Kecamatan Cikole, mengikuti pelatihan.

Kepala Dinas P dan K Kota Sukabumi, Sanusi Harjadireja, S.Pd. menjelaskan, program PKS sangat menunjang terhadap pengetahuan dan pemahaman anak/ akan pentingnya tertib berlalu lintas secara baik dan benar. Untuk itu, Kepala Dinas P dan K Kota Sukabumi, menghimbau seluruh tingkatan sekolah yang ada di Kota Sukabumi, agar membentuk PKS.

Sementara Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Kota Sukabumi, AKP Dodi Arahmansyah menjelaskan, dilaksanakannya pelatihan tersebut, karena pengetahuan dan pemahaman siswa akan pentingnya tertib berlalu lintas sangat minim.

Hal tersebut menjadi salah satu masalah yang perlu ditangani dan diantisipasi. Sebab apabila dibilarkan dan tidak dibekali pengetahuan akan pentingnya tertib berlalu lintas sejak dini, anak-anak tersebut pada saat menginjak dewasa tidak akan mengetahui dan berhati-hati dalam berlalu lintas, khususnya di jalan raya.

Ditandaskannya, anak-anak sangat rentan mengalami kecelakaan lalu lintas, khususnya pada saat pulang sekolah. Hal tersebut terjadi, karena anak-anak sangat sulit diatur. Selain itu, juga gerak-gerik dan perilaku mereka, senantiasa mengkuti kehendak dan kemauannya sendiri.

Untuk menangani dan meng-antisipasi hal tersebut, diperlukan peran serta dari semua pihak, baik dari para guru dan orang tua siswa, maupun dari aparat kepolisian.

Untuk itu diharapkan, melalui pelatihan tersebut dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman sejak dini kepada anak-anak, akan pentingnya tertib berlalu lintas dengan baik dan benar. Dengan demikian, angka dan kerawanan kecelakaan lalu lintas terhadap anak-anak, dapat ditekan dan dikurangi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Bagian Tata Usaha Dinas P dan K, Ayep Supriatna, Kepala Seksi Kesiswaan Bidang Pra Pendidikan Dasar, Dian Sucianti, Badan Urusan Klinik Polres Kota Sukabumi, AIPTU Agus, para Penilik dan Guru, serta undangan lainnya.

Tidak ada komentar: