kota Sukabumi

Sabtu, 29 November 2008

Sabtu, 29 November 2008
AKSI PENANAMAN 100 JUTA POHON

Aksi penanaman 100 juta pohon dalam rangka pencanangan hari menanam pohon Indonesia, di Kota Sukabumi dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Soetadi Ronodipuro Secapa Polri, Jum’at pagi, 28 November 2008.

Wakil Walikota Sukabumi, Drs. H. Mulyono, M.M., dalam kesempatan tersebut menyampaikan sambutan Menteri Kehutanan, Doktor H.M.S. Kaban, antara lain menjelaskan, aksi penanaman pohon telah banyak dilakukan oleh berbagai pihak, dari waktu ke waktu. Diantaranya melalui kegiatan Inpres Penghijauan dan Reboisasi, Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan (Gerhan), Reboisasi dan Pembangunan Hutan Tanaman Industri di Kawasan Hutan, Kegiatan Menanam Dalam Bentuk Kecil dan Dewasa Memanen (KMDM), dan kegiatan menanam pohon yang dilaksanakan oleh masyarakat luas.

Selain itu juga dilaksanakan aksi penanaman 79 juta pohon secara serentak, yang dicanangkan oleh Presiden RI, Doktor H. Susilo Bambang Yudhoyono, pada tanggal 28 November 2007, serta penanaman oleh kaum perempuan, dalam bentuk Gerakan Perempuan Tanam Dan Pelihara 10 Juta Pohon.

Ditandaskannya, keberhasilan tersebut mendapat pengakuan dan penghargaan dunia internasional, melalui United Nation Environment Programme (UNEP), atas partisipasi dalam program kampanye penanaman milyaran pohon, berupa Certificate Of Global Leadership, yang diterima oleh Ibu Negara, Hajah Ani Bambang Yudhoyono dan Menteri Kehutanan, pada tanggal 5 Juni 2008 yang baru lalu.

Dengan diterimanya penghargaan tersebut, bangsa Indonesia boleh berbangga hati, namun bukan ber-arti cukup berpuas diri. Akan tetapi harus sebaliknya, yakni harus lebih menggelorakan semangat, untuk meningkatkan kegiatan menanam pohon yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Ditandaskan pula, menanam pohon bukan merupakan hal yang baru bagi rakyat Indonesia. Namun yang paling penting, bagaimana kegiatan menanam pohon tersebut menjadi momentum strategis yang dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa Indonesia, mulai dari tingkat pusat sampai ke pelosok tanah air Indonesia secara serentak. Hal tersebut bukan sesuatu yang mudah dilaksanakan, apabila tidak dilandasi oleh satu kesatuan semangat yang bulat dari seluruh rakyat Indonesia.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka sangat relevan Hari Menanam Pohon Indonesia Tahun 2008 yang dicanangkan oleh Presiden RI, Doktor H. Susilo Bambang Yudhoyono, Jum’at pagi, 28 November 2008. Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut, yakni Penanaman Serentak 100 Juta Pohon Dalam Rangka Peringatan 100 Tahun Kebangkitan Nasional, dengan sub tema Wujudkan Hutan Lestari, Masyarakat Sejahtera, Indonesia Bisa. Dengan tema tersebut, diharapkan dapat memberikan motivasi yang besar dalam membangun kesadaran dan semangat seluruh rakyat Indonesia, untuk mau dan mampu melakukan kegiatan menanam pohon secara mandiri dan lestari. Disamping itu, seluruh rakyat Indonesia tetap memegang komitmen yang tinggi, untuk turut berperan menurunkan pemanasan global yang menjadi kerisauan dunia, sebagaimana hasil Conference Of Parties United Nation Framework Convention On Climate Change (UNFCCC), di Bali pada tahun 2007 yang lalu.

Tidak ada komentar: